Kamis, 14 Agustus 2014

Pentingnya PPSMB bagi Mahasiswa Baru



Assalamu’alaikum Kawan,,,,
Sebelumnya, ijinkan saya memperkenalkan diri. Nama Saya Usman Efendi, maba UGM 2014 jurusan teknik geologi. Baik, tak usah panjang lebar, mari kita langsung menuju pokok pembicaraan mengenai pentingnya PPSMB.
Jadi, PPSMB merupakan akronim dari Pelatihan Pembelajaran Sukses Mahasiswa Baru, atau dalam istilah yang lebih populer yaitu ospek (hanya saja , khusus UGM tidak ada yang namanya ospek, adanya PPSMB). PPSMB merupakan kegiatan yang wajib dijalani semua mahasiswa baru S1 maupun Vokasi, baik jalur reguler ataupun program internasional. Program ini berguna untuk mempersiapkan mahasiswa baru menjadi pembelajar yang sukses, unggul, cerdas, dan profesional di bidangnya, serta mampu bersaing dalam percaturan global.


PPSMB sudah diperkenalkan sejak tahun 2008, yang dilatarbelakangi perlunya mempersiapkan dan memperkenalkan mahasiswa baru tentang kehidupan akademik, sejarah dan visi misi Universitas Gadjah Mada dan seluk-beluknya, sehingga mahasiswa diharapkan mampu beradaptasi dalam kehidupan yang baru menimba ilmu dan mengalami pengalaman yang baru di Universitas Gadjah Mada. 
Tema yang diambil untuk  PPSMB tahun 2014 ini yaitu “PPSMB 2014 Menyiapkan Pemimpin Muda yang Cerdas, Inspiratif, dan Berbudaya.” Sementara tujuan dari PPSMB tersebut antara lain :
Membangun mahasiswa Universitas Gadjah Mada yang utuh yang memiliki karakter: 

  1. Berkualitas
    Menumbuhkan budaya akademik yang menunjang pengembangan kejujuran, tanggung jawab dan kematangan pribadi/kedewasaan sebagai mahasiswa dan tangguh sebagai bangsa Indonesia yang berbudaya dan beretika berlandaskan nilai-nilai Pancasila.
  2. Manusiawi
    Mendorong mahasiswa agar memiliki motivasi kuat, abadi untuk berjuang serta berkorban untuk membangun dan mempertahankan kehormatan dan martabat.
  3. Bermartabat
    Mengembangkan mahasiswa sebagai pemimpin muda yang berkarakter kebudayaan dan berdaya saing global.
Lalu, seberapa pentingkan PPSMB itu? Yup,, sangat penting, karena jika mahasiswa baru tidak mengikuti/tidak lulus PPSMB akan kehilangan kesempatan untuk mengakses fasilitas kemahasiswaan seperti beasiswa, pengajuan bantuan dana dan harus mengulang PPSMB tahun berikutnya atau mendapat tugas khusus. Selain itu, kelulusan PPSMB merupakan juga menjadi syarat yudisium kelulusan. 
Sekian dan terimakasih.
Wassalamu'alakum wr wb.
Referensi
http://ppsmbpalapa.ugm.ac.id/about : Tentang PPSMB Palapa [8 Agustus 2014]
 

0 komentar:

Posting Komentar